Jumat, 30 Agustus 2019

Biosintesis Metabolit Primer dan Sekunder

     Pada materi sebelumnya kita sudah membahas mengenai tahap screening. Selanjutnya saya disini akan mencoba membahas mengenai biosintesis metabolit primer dan sekunder. Sebelumnya apakah kalian sudah tahu apa itu biosintesis? Disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu biosintesis, sebelum akhirnya kita masuk di metabolit primer dan sekunder.
      Biosintesis adalah proses, nah proses disini maksudnya yaitu proses yang membentuk produk atau metabolit yang dilakukan dalam beberapa tahapan dari yang paling  simple menjadi rumit dan ini dilakukan pada makhluk yang bernyawa.
         Metabolisme ialah suatu bentuk proses dari reaksi kimia dimana ini berlangsung pada makhluk yang bernyawa semenjak dari selnya masih satu atau yang paling simple sampai dengan selnya menjadi sangat rumit. Metabolisme juga dapat dikatakan sebagai suatu proses penyusunan dan pemisahan dari suatu zat yang terjadi pada sel dan ini terjadi juga dikarenakan berubahnya energi. Jadi sebenarnya metabolisme itu terbagi menjadi 2 yaitu ada metabolisme primer dan sekunder. Sedangkan senyawa yang dapat dihasilkan atau berperan dalam metabolisme tersebut disebut dengan metabolit. Pada kali ini kita akan membahas mengenai metabolit primer dan sekunder.
   Metabolit primer itu merupakan metabolit atau produk akhir berfungsi sebagai penunjang atau yang sangat diperlukan untuk kesinambungan berjiwa dari makhluk hidup tersebut. Contoh dari metabolit primer yaitu seperti asam nukleat, protein, karbohidrat dan juga lemak.
      Metabolisme primer itu juga mempunyai ciri - ciri :
1. Berada pada organ dan makhluk hidup
2. Terjadi karena proses metabolisme primer
3. Mempunyai peranan yang penting sebagai keberlangsungan hidup
4. Dapat pula disebut dengan metabolit sentral
5. Dilakukan dalam jumlah banyak, dan masih banyak yang lainnya
    Metabolisme sekunder adalah suatu senyawa organik yang biasanya sering ditemukan pada satu atau sekelompok spesies yang berbeda dengan metabolit primer. Dan kelompok utama dari metabolit sekunder yang mengandung nitrogen yaitu ada terpen, fenol, dan produk sekunder. Dan biasanya metabolit sekunder ini mempunyai 3 jalur dalam suatu pembentukan metabolit yaitu ada :
1. Jalur asam asetat
2. Jalur asam sikimat
3. Jalur asam mevalonat

Permasalahan :
1. Pada metabolisme proses pembentukan zat sering kali terjadi itu pada proses apa?
2. Sebutkan fungsi yang terjadi pada metabolit sekunder?
3. Apa yang terjadi jika produksi metabolit berlebihan pada mikroorganisme?
          

3 komentar:

  1. Hallo nia...
    Perkenalkan nama saya cindy felia agam dengan nim A1C117046 disini saaya akan menjawab permasalahan no 2 jadi dalam fungsi metabolit sekunder ini adalah
    1. Sebagai mempertahankan kondisi lingkungan yang kurang beruntung
    2. Sebagai pelindung tanaman karena ia memiliki kemampuan bioaktifitas yang tinggi .
    3.sebagai racun untuk mempertahankan tumbuhan itu sendiri dari berbagai hama dan penyakit .

    Terima kasih
    Semoga membantu yaa


    BalasHapus
  2. Haii,saya Elda NIM A1C117027 akan mencoba menjawab pertanyaan no 3.
    Dimana apabila produksi metabolit berlebihan pada mikroorganisme maka mikroorganisme tersebut dapat mati atau terbunuh dan jika mikroorganisme tersebut tidak mati maka setidaknya akan menghambat proses pertumbuhan mikroorganisme itu sendiri. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.
    Saya idkhom kholid (RSA1C117015)
    Saya mencoba menjawab pertanyaan saudari nomor 1.
    Proses pembentukan zat terjadi pada proses fotosintesis, kemosintesis, sintesis lemak, dan sintesis protein

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

       Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas ...