Sabtu, 24 Agustus 2019

Konformasi Struktur dan Stereokimia Lanjut Persenyawaan Kimia Organik

         Pada pembahasan kali ini, pertama - tama saya akan menjelaskan mengenai apa itu stereokimia sendiri, jadi stereokimia itu adalah materi yang terdapat didalam kimia yakni bagaimana caranya agar atom - atom yang terdapat didalam molekul itu bisa disusun pada ruangan satu yang mutlak terhadap ruangan yang lainnya.
       Dalam sebuah stereokimia itu terdapat 3 bagian yaitu :
1. Isomer geometri : yaitu dengan cara apa kesabaran yang terdapat pada molekul bisa menyebabkan isometri
2. Konformasi molekul : susunan dari molekul dan macam mana susunan ini bisa berganti.
3. Kiralitas molekul : yaitu seperti apa agar pembenahan kanan atupun kiri pada atom disekeliling sebuah atom karbon bisa menyebabkan isometri.
       Terdapat dua isomer dalam stereokimia yaitu ada isomer struktural dan juga isomer geometrik. Isomer struktural itu bisa disebut dengan suatu senyawa yang memiliki rumus molekul yang sama tetapi dengan  pembentukan atom yang berlainan. Sedangkan isomer geometrik itu disebabkan karena kekuatan berisi molekul serta cuma dapat ditemui pada dua kelas senyawa yaitu alkena serta senyawa siklik.
  Setelah menjelaskan mengenai stereokimia, kemudian disini saya juga akan mencoba menjelaskan tentang apa itu konformasi. Konformasi adalah sebuah pembentukan, contohnya seperti etana (molekul kecil) tetapi etana ini mempunyai pembentukan pada sebuah ruangan dengan cara berbeda - beda.
        Supaya dapat mengajukan konformasi maka dapat dimanfaatkan tiga macam - macam rumus yaitu ada rumus dimensional, rumus bola dan pasak, dan yang terakhir ada rumus proyeksi Newman. Jadi rumus dimensional ini dan juga rumus bola dan pasak mereka merupakan yang mewakili dari tiga dimensi  pada suatu model molekul yang terdapat didalam senyawa. Sedangkan rumus proyeksi Newman ini merupakan pemikiran dari ujung hingga sampai ke penghujung pada dua atom karbon saja yang terdapat pada molekul tersebut.

Permasalahan :
1. Menurut pendapat kalian isomer geometrik itu dapat dibedakan menjadi bentuk apa saja, dan coba jelaskan dari tiap bentuknya?
2. Jelaskan 3 bagian yang terdapat dalam stereokimia?
3. Bagaimana penjelasan dari rumus dimensional, rumus bola dan pasak, dan rumus proyeksi Newman?

3 komentar:

  1. Assalamualaikum wr wb.
    Saya khairil liza
    NIM A1C117036

    Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 2 dari kurnia aulia.
    Yaitu 3 bagian dari stereokimia.
    1. Isomer geometrik yaitu isomer yang disebabkan karena adanya ketegaran dalam molekul. isomer geometrik ini hanya ditemukan dalam senyawa alkena dan senyawa siklik.
    Syarat-syarat isomer geometri pada alkena adalah setiap atom karbon yang terlibat dalam ikatan pi yang mengikat gugus yang berlainan. Apabila atom karbon tersebut memiliki dua gugus identik (sama), maka isomer geometrik tersebut tidak akan terjadi.

    2. Konformasi molekul yaitu suatu hasil dari rotasi pada sumbu ikatan tunggal yang berupa susunan 3 dimensi dari atom-atom.
    Dalam mengemukakan suatu konformasi, jenis-jenis rumus yang digunakan adalah : rumus dimensional, rumus bola dan pasak, dan proyeksi Newman.
    Rumus dimensional dan rumus bola dan pasak adalah suatu representasi model molekul pada suatu senyawa dalam bentuk tiga dimensi. Sedangkan proyeksi Newman adalah pandangan antar ujung dari 2 atom karbon dalam molekul tersebut.

    3. Kiralitas yaitu suatu keadaan dimana dua molekul yang memiliki struktur yang sama tidak dapat ditindihkan dengan bayangan cermin.
    Penyebab terjadi ny kiralitas ini adalah karena adanya atom karbon yang tidak simetris.

    BalasHapus
  2. hallo kurnia...
    perkenalkan nama saya cindy felia agam dengan nim A1C117046 baik disini saya akan membantu menjawab permasalahan no 3 jadi rumus dimensional, rumus bola dan pasak yaitu suatu molekul yang dapat menggantikan 3 dimensi dari model molekul itu sendiri pada suatu senyawa sedangkan rumus proyeksi newman yaitu dilihat sisi ujung ke ujung dari 2 atom karbon saja pada molekul tersebut. ikatannya ada depan karbon itu tampak menuju pusat proyeksinya sedangkan ikatan belakang karbon hanya tampak sebagian .

    semoga membantu ya ..
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Saya ulin ayu wulandari (A1C117024 ) akan menjawab permasalahan no 1 menurut saya isomer geometri dapat dibedakan menjadi dua bentuk yang pertama isomer cis dimana suatu gugus arom sejenis terletak pada sisi yang sama, dan yang kedua isomer trans dimana suatu gugus atom sejenis saling bersebrangan.

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

       Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas ...