Kamis, 17 Oktober 2019

Potensi Pemanfaatan Alkaloid Untuk Makhluk Hidup

      Pada minggu - minggu sebelumnya di blog saya ini saya sudah menjelaskan mengenai apa itu keragaman dan keunikan struktur kimia flavonoid, terpenoid dan juga alkaloid. Dan pada blog yang sekarang ini saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai alkaloid yaitu tentang manfaat dari alkaloid ini sendiri dimana pada blog sebelumnya saya sudah menjelaskan juga manfaat dari terpenoid dan flavonoid. Tetapi pada blog ini saya akan menjelaskan manfaat dari alkaloid saja didalam makhluk hidup, sebelum kita masuk ke manfaatnya, saya akan mengulas sedikit terlebih dahulu mengenai alkaloid.
      Alkaloid itu merupakan senyawa yang dapat diperoleh dari ekstraksi tumbuhan tetapi tidak terkecuali juga untuk hewan yang memiliki sifat basa yaitu ada morfina, sertasolanina, dan juga striknina. Tumbuhan yang memiliki sebagian besar senyawa alkaloid yaitu terdapat pada tumbuhan dikotil. Rasa dari alkaloid ini sebagian besar itu terasa pahit dan salah satu sifatnya yaitu farmakologi. Alkaloid itu banyak diperoleh dari berbagai macam organisme contohnya seperti bakteri, jamur, tumbuhan serta hewan.
     Manfaat dari alkaloid ini sendiri itu bisa untuk tumbuhan dan juga dalam ilmu medis. Salah satu manfaatnya untuk tumbuhan yaitu melindungi tumbuhan dari berbagai ancaman dari serangga dan manfaatnya dalam ilmu medis itu banyak sekali seperti morfin yang digunakan sebagai penahan rasa sakit, pengobatan kanker, anti bakteri dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan dibawah ini kita akan membahas mengenai makanan yang mengandung alkaloid dan apa manfaatnya bagi makhluk hidup.
1. Pepaya
     Pepaya merupakan salah satu jenis buah - buahan yang berapa pada daerah yang tropis. Vitamin C dan potasium pada pepaya ini termasuk yang cukup tinggi dan pepaya ini juga mempunyai antioksidan dan mempunyai enzim yang disebut papain terdapat digetah pepaya tersebut. Manfaat yang terdapat pada pepaya ini banyak sekali tidak hanya sebagai pencernaan saja tetapi juga bisa untuk kesehatan dan juga kecantikan, seperti :
a. Menyehatkan mata
b. Mencegah gejala wasir
c. Menjaga kesehatan pada ginjal
d. Menjaga kelembapan pada kulit
e. Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh
2. Pegagan
    Pegagan merupakan salah satu jenis tanaman liar, dan pegagan ini disebut juga dengan daun ramuan abadi yang dapat mengobati jenis - jenis penyakit. Manfaat pada daun pegagan ini sangat banyak sekali salah satunya dapat mengobati penyakit. Dan manfaat dari daun pegagan ini adalah :
a. Mempercepat penyembuhan pada luka
b. Melancarkan aliran pada darah
c. Meningkatkan fungsi kognitif dari otak
d. Mengobati penyakit alzheimer
e. Meredakan stres dan rasa cemas
3. Srikaya
       Srikaya merupakan salah satu buah tropis yang memiliki ciri - ciri terhadap buahnya yaitu memiliki daging berwarna putih dan isinya yang lembut, tetapi jangan memakan biji hitam yang ada didalam srikaya tersebut. Nutrisi yang terkandung didalam srikaya ini adalah memiliki vitamin C, B6, kalsium, magnesium dan masih banyak lagi yang lainnya. 
a. Kesehatan untuk kulit
b. Merawat rambut
c. Mencegah kanker
d. Meningkatkan penglihatan
e. Meredakan sakit pada sendi

Permasalahan :
1. Bagaimana caranya buah pepaya bisa menyembuhkan kulit akibat sinar matahari?
2. Bagaimana daun sidaguri dapat menyembuhkan penyakit malaria, zat apa yang terdapat didalam daun tersebut?
3. Mengapa kita dilarang memakan biji srikaya?

3 komentar:

  1. 3. Pada buah srikaya terdapat biji yang berwarna hitam. Biji ini dianggap cukup beracun jadi ketika kita mengonsumsi buah srikaya alangkah leboh baik jika kita hati-hati terhadap biji hitam tersebut. Namun apabila kita tidak sengaja mengonsumsinya maka kita akan merasakan sakit perut yang cukup parah.

    BalasHapus
  2. 2. Karena Kandungan alkaloid di dalam daun sidaguri ini dipercaya dapat membantu mengatasi malaria. Dengan cara Meminum air seduhan daun sidaguri secara rutin ketika terkena malaria, diketahui dapat membantu proses penyembuhannya.
    Untuk kandungan yg dimaksud, Daun sidaguri memiliki kandungan alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino dan minyak atsiri. Kandungan senyawa yang terdapat di dalam daun sidaguri tersebut dapat membantu mengatasi beberapa masaah kesehatan.
    Semoga membntu:)

    BalasHapus
  3. Hai kurnia
    Saya akan coba menjawab permasalahan pada no 1
    Menurut saya pepaya dapat menyembuhkan kulit akibat sinar matahari dikarenakan pepaya memiliki kandungan vitamin c yang akan merawat kulit tubuh kita. Selain itu pepaya juga merupakan antioksidan baik untuk kulit dan tubuh
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

       Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas ...