Kamis, 17 Oktober 2019

Biogenetik Alkaloid Pada Makhluk Hidup

     Pada blog kali ini saya akan menjelaskan mengenai biogenetik alkaloid pada makhluk hidup. Dimana pada blog - blog saya sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai struktur dan manfaat dari alkaloids. Tetapi pada blog kali ini saya akan mbahas mengenai biogenetik pada alkaloid.
     Pada alkaloid itu terdapat tiga klasifikasi dimana ada yang berdasarkan jenis dari cincin heterosiklik pada nitrogen, jenis tumbuhan asal alkaloi, dan berdasarkan asal usul biogenetiknya. Dan pada kali ini saya akan membahas biogenetiknya. Berdasarkan biogenetiknya itu dia menjelaskan mengenai hubungan antara berbagai alkaloid yang telah dikelompokkan berdasarkan jenis dari cincin heterosiklik pada nitrogen. Alkaloid itu berasal dari beberapa asam amino saja berdasarkan biosintesa pada alkaloid.
      Dari segi biogenetiknya maka alkaloid dapat dibedakan berdasarkan jenisnya yaitu :
a. Alkaloid aromatik yang merupakan jenis dari fenilalanin contohnya seperti 3,4-dihidrofenilalanin, fenilalanin, dan tirosin menurunkan alkaloid isoquinolin
b. Alkaloid alisiklik yang berasal dari asam - asam amino pada lisin dan omitin yang bertugas menurunkan alkaloid alisiklik.
c. Alkaloid aromatik berasal dari triptofan yang contoh jenisnya adalah indol tugasnya yang menurunkan alkaloid indol.
      Gambar diatas ini adalah salah satu bentuk rumus struktur dari asam amino yaitu ada tirosin, histidin, lisin, dan juga triptofan. 
Biosintesis alkaloid pada Tirosin
        Tirosin merupakan suatu penyusun protein yang merupakan bagian dari 1 antara 20 asam amino. Dan pada alkaloid tirosin ini merupakan produk pertama yang dihasilkan. Produk yang paling penting adalah dopamin karena karena dopamin merupakan produk pertama yang dihasilkan oleh senyawa berberine, papaverine, dan morfin. Dan dibawah ini merupakan contoh pembentukan senyawa alkaloid pada tirosin.
a. Sintesis ini diawali dengan dua molekul pada tirosin dan disebut dengan benzylisoquinolin.
b. Struktur pertama pada morfin yang dibentuk oleh cincin dari tirosin yang mengalami kondensasi.
c. Dan skema pada pembentuk alkaloid dengan prekursor tirosin.
       Cara untuk melakukan biosintesis pada alkaloid itu terdapat banyak sekali sehingga kita rumit untuk melakukannya, tetapi terdapat reaksi yang berperan dalam biosintesis yang ada pada bagian - bagian dari alkaloid yaitu ada reaksi basa schiff dan reaksi mannich.
a. Reaksi mannich itu terdapat disamping dari gugus karbonil yakni suatu reaksi organik yang didalamnya terkandung alkilasi amino proton asam.
Dimana reaksi ini memainkan peran dari nukleofil untuk pembentukan nukleofilik dan Ion yang terbentuk itu dari reaksi amina dan karbonil dimana bagiannya itu ada carbaniol selain dari amina dan ini merupakan bagian integral dari reaksi mannich.
b. Reaksi basa schiff ini bisa didapatkan dengan direaksikannya aldehid atau keton dengan amina.
Dan alkaloidnya itu dapat terjadi pada biosintesis alkaloid dimana reaksi ini seperti reaksi piperidin karena bisa berlangsung didalam molekul.

Permasalahan :
1. Mengapa pada reaksi mannich dia bisa mengandung sifat elektrofilik dan nukleofilik?
2. Apakah ada lagi yang terlibat dalam biosintesis alkaloid selain reaksi mannich dan basa schiff?
3. Bagaimana biosintesis yang terjadi pada golongan alkaloid antara tirosin, histidin, lisin, dan juga triptofan?

3 komentar:

  1. M. Yamin(047) menjawab no 1 Dikarenakan pada reaksi mannich ini terjadi reaksi adisi nukleofilik yang melibatkan elektrofil dan dilanjutkan dengan tahap karbonion dari situlah reaksi ini bersifat elektrofilik dan nukleofilik

    BalasHapus
  2. 2. Ada, seperti reaksi oksidatif fenol dan juga metilasi. Tidak hanya itu, pada biosintesis alkaloid ini juga melalui jalur poliketida dan jalur mevalonat

    BalasHapus
  3. 3. Biosintesis yang terjadi pada golongan alkaloid antara tirosin, histidin, lisin, dan triptofan ini tediri dari beberapa tahan yaitu dengan sintesis benzylisoquinolin, dimulai dengan dua molekul tirosin lalu cincin tirosin mengalami kondensasi dan membentuk struktur dasar dari morfin terakhir pembentukan alkaloid dengan perkursor tirosin.

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

       Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas ...