Sabtu, 09 November 2019

Potensi Pemanfaatan Steroid Untuk Makhluk Hidup

      Baiklah pada blog sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan materi mengenai kimia bahan alam yaitu tentang keanekaragaman struktur kimia steroid dan mungkin bagi teman - teman semua sudah banyak yang membaca dan memahami materinya. Selanjutnya pada blog kali ini saya akan menjelaskan lebih dalam lagi tentang steroid yaitu mengenai potensi pemanfaatan steroid untuk makhluk hidup. 
  Steroid merupakan salah satu senyawa organik yang berasal dari triterpenoid dan merupakan turunan dari lemak tetapi didalam lemak itu tidak mengandung gugus ester dan asam lemak. Steroid dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup itu sebagai hormon. Steroid itu banyak terdapat didalam tumbuhan, hewan dan manusia.
1. Jenis - Jenis Steroid

     Didalam tumbuhan dia disebut dengan sikloartenol karena ini merupakan tahan awal bagi semua tanaman untuk mensintesis dan triterpenoid penting untuk kelas sterol. Manfaat dari sikloartenol ini adalah berguna untuk pertumbuhan dan perlindungan dari tanaman.
       Lanosterol merupakan senyawa yang berasal dari steroid hewan beserta jamur. Dan lanosterol ini diproduksi melalui triterpenoid tetrasiklik. Manfaat yang berasal dari lanosterol ini yaitu untuk manusia adalah dapat menyembuhkan penyakit pada mata seperti katarak.
       Kolesterol merupakan contoh dari jenis lain lemak sterol yang paling sering ditemui disemua jenis tubuh. Rata - rata kolesterol yang berada didalam tubuh itu sekitar 20 % dan kebanyakan berasal dari hewani. Manfaat dari kolesterol ini adalah dapat menjaga metabolisme dalam tubuh.
2. Hormon Kelamin
   Hormon kelamin merupakan salah satu turunan dari steroid karena sifat dari hormon kelamin ini adalah molekulnya itu tidak lentur atau dengan kata lain planar. Hormon kelamin ini berasal dari gonad dimana berfungsi sebagai untuk mengembangkan ciri - ciri yang khas dari seks yang primer dan sekunder. Contoh diantaranya yaitu testosteron, estrogen dan progesteron.
      Hormon testosteron yakni adalah hormon seks pada jantan dan merupakan berasal dari kelompok androgen dari hormon steroid. Hormon ini dapat dikatakan steroid anabolik dan manfaat dari hormon ini adalah pada kesehatan seperti menaikkan tingkat energi, fungsi imun dan juga dapat meningkatkan libido.
      Hormon estrogen  ini merupakan hormon yang banyak terdapat pada wanita apa lagi jika wanita itu sedang mengalami masa subur seperti payudara. Jadi manfaat yang dihasilkan dari hormon ini adalah dia dapat mengatur perkembangan seksual pada wanita.
       Hormon progesteron ini juga lebih banyak terdapat pada wanita karena hormon ini bersama dengan estrogen sama - sama dihasilkan dari kurpus luteum dan juga berpengaruh terhadap menstruasi dan memiliki peranan besar dalam fetus.
3. Asam Empedu
     Asam empedu ini banyak ditemukan didalam empedu mamalia dan vertebrata. Asam empedu sekitar 80 % yang berasal dari senyawa organik selebihnya adalah fosfolipid dan kolesterol. Manfaat dari asam empedu ini adalah mencerna lemak atau minyak yang berasal dari makanan yang telah kita makan.
4. Hormon Adrenokortikoid

      Hormon ini adalah hormon yang telah disintesis dari kolesterol dan merupakan hormon steroid. Hormon ini diproduksi melalui kelenjar adrenalis tepatnya pada korteks. Manfaat dari hormon ini adalah dapat berhubungan dengan sistem kardiovaskular dan darah, sistem saraf pusat dan juga otot polos.

Permasalahan :
1. Pada hormon estrogen dia mempunyai 3 jenis utama yang terdapat secara alami dalam tubuh wanita yaitu ada estradiol, estriol, dan estron. Bagaimana pengaruh terhadap manfaat mereka, atau kah sama atau berbeda, jelaskan?
2. Pada hormon kelamin, itu ada terdapat 2 hormon testosteron dan estrogen. Dimana struktur diantara keduanya memang berbeda, tetapi apakah ada hubungan atau pengaruh dalam manfaat mereka yang sama?
3. Pada klasifikasi steroid itu terdapat asam empedu. Dimana asam empedu ini diproduksi oleh hati dan disimpan didalam empedu. Jika ada seseorang yang mengalami gangguan pada hatinya seperti terkena penyakit Hepatitis atau disebut dengan peradangan hati. Apakah terjadi gangguan pada struktur dan gugus fungsinya, dan bagaimana pengaruhnya terhadap potensi pemanfaatan dari asam empedu itu sendiri?

3 komentar:

  1. Permasalahannya 3
    Menurut saya terjadinya hati yang terkena penyakit Hepatitis tidak mengalami perubahan gugus dan struktur karena timbulnya penyakit ini disebabkan makanan, kelebihan atau kekurangan vitamin, darah dll. Bukan dari struktur nya.. semoga membantu

    BalasHapus
  2. 1. Menurut saya, Ketiga jenis hormon ini masih saling berkaitan yaitu bermanfaat pada kesuburan wanita. Dimana tiap masing-masingnya juga akan mempunyai manfaat yang lebih spesifik. Estriol dan estradiol bermanfaat sebagai penggantian hormon estrogen pada tubuh yang kadar nya berkurang pada tubuh, kemudian estriol bisa mengatasi kemandulan yang disebabkan gangguan serviks. Estradiol dapat mengobati kanker prostat. Sedangkan estron lebih berfungsi kepada kematangan organ reproduksi seperti pertumbuhan payudara, pematangan sel telur, dan juga tumbuhnya rambut pubis. (A1C117007)

    BalasHapus
  3. 2. Hormon testosteron yaitu adalah hormon seks perangsang yang terdapat pada laki-laki sedangkan hormon estrogen yaitu hormon seks perangsang yang terdapat pada perempuan. Hubungan ke dua hormon ini yaitu dalam proses pembuahan disel telur

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

       Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas ...