Selasa, 05 November 2019

Prinsip - Prinsip Dalam Sintesis Senyawa Organik

        Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas kembali materi kimia organik yaitu mengenai prinsip - prinsip dalam sintesis senyawa organik. Dan sebelum ke prinsip - prinsipnya saya akan terlebih dahulu menjelaskan mengenai sintesis senyawa organik tersebut.
    Sintesis organik yaitu suatu pembentukan mensintesis suatu senyawa organik kompleks dengan bahan awalnya yang sederhana yang diikuti dengan berbagai macam reaksi kimia. Sintesis yang dilakukan terhadap molekul merupakan suatu aspek yang terpenting.  Senyawa yang dapat disintesis kemungkinan memiliki kerangka karbon yang kecil dan kompleks yang digunakan banyak sebagai bahan obat - obatan.
       Alam merupakan suatu tempat dimana disitu terdapat banyak sekali senyawa organik. Senyawa yang disintesis atau hasil yang telah didapatkan dari sintesis tersebut itu dapat dikatakan sebagai suatu produk alami yang berada dialam. Dan dari alam ini juga lah kita dapat mengetahu apa saja sifat kimia dan fisik yang terdapat pada senyawa organik tersebut. Salah satu senyawa organik yang terdapat dialam itu ada limonene, kafein, kolesterol dan juga morfin.
       Pada saat sedang melakukan sintesis, itu terdapat 3 hal yang harus diperhatikan  agar senyawa tersebut dapat berjalan dengan baik yaitu :
1. Kerangka yang telah ditemukan baik dalam bentuk karbon ataupun lainnya itu wajib terlebih dahulu untuk disusun.
2. Dirubah terlebih dahulu gugus fungsionalnya yang menjadi ciri dari senyawa tersebut, yang berasal dari gugus lain yang terletak pada posisi yang tepat.
3. Memperbaiki pusat stereogenik jika dia muncul.
        Pada sintesis organik itu memiliki 2 bidang yang digunakan dalam penelitian yaitu sintesis total dan metodologi serta supaya kita dapat memahami sebuah sintesis molekul kompleks terlebih dahulu kita harus wajin mengerti mengenai ikatan karbon yang nantinya akan dapat membentuk sebuah reaksi.

Permasalahan :
1. Bagaimana cara mensintesis total yang terdapat pada senyawa kompleks?
2. Reaksi yang bagaimana paling sering terjadi dalam sintesis senyawa organik ini?
3. Apakah ada kegunaan kokain ini, selain dia banyak disalahgunakan oleh seseorang?

3 komentar:

  1. Halo kurnia!
    Baiklah saya akan membantu menjawa permasalahan no.1 dalam men sintesis total pada suatu senyawa, ada beberapa strategi yang harus di perhatikan. Diantaranya yaitu
    1. Kita harus melihat ketersediaan bahan yang akan di gunakan terlebih dahulu.
    2. Kita juga harus menetukan metode sintesis apa yang ingin kita gunakan.
    3. Melakukan sintesis nya
    4. Mengidentifikasi senyawa yang benar sesuai dengan senyawa yang kita inginkan.
    Baiklah itu jawaban dari saya, semoga membantu.
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Saya Ariyansyah
    NIM A1C117050
    Saya akan mencoba membantu pertanyaan no 2
    Reaksi yang sering terjadi pada senyawa organik adalah reaksi subtitusi, dimana suatu gugus digantikan oleh gugus lain sehingga mempunyai manfaat yang berbeda. Semoga membantu

    BalasHapus
  3. 3. Pada dunia medis, kokain digunakan sebagai anastetik, yaitu penghilang rasa nyeri atau penghilang kesadaran secara keseluruhan.

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

       Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas ...