Jumat, 23 Agustus 2019

Gelang Kayu Berkhasiat

          Pasti kalian semua bertanya, mengapa disini saya mengambil tema tentang gelang.  Disini saya akan menjawab hal ini dikarenakan saya adalah orang yang sangat menyukai gelang, apalagi gelang yang terbuat dari kayu atau tanaman. Pada kali ini karena saya sangat menyukai gelang maka saya akan menceritakan sedikit tentang gelang.
      Gelang merupakan salah satu dari sebuah aksesoris yang diletakkan atau dipasangkan dipergelangan tangan. Gelang juga dapat berfungsi untuk sebuah aksesoris atau pun untuk menandai seseorang jika dia mempunyai gelang tersebut.
       Gelang itu terbuat dari bermacam - macam ada yang terbuat dari kayu, bebatuan, logam, akar dan banyak lagi yang lainnya. Kayu dan akar merupakan contoh dari gelang yang sama - sama terbuat dari serat tumbuhan.
      Disini saya akan mengambil contoh yaitu gelang yang terbuat dari kayu salah satunya adalah gelang kokka. Manfaat gelang kokka itu sangat banyak sekali, dibawah ini merupakan manfaat gelang kokka pada kesehatan, yaitu :
1. Membantu supaya pintar
2. Mengatasi berbagai penyakit
3.  Melindungi si pemakai dari godaan dan ancaman
4. Membantu menambah rezeki
5. Meningkatkan karisma dan pesona
          Dibawah ini merupakan manfaat gelang kokka  yaitu pada tubuh sipemakainya :
1. Bisa menyembuhkan sakit di tenggorokan
2. Mencegah mendapatkan keracunan
3. Menyembuhkan penyakit asma yang sedang datang
4. Menjauhkan dari tekanan darah yang rendah
5. Mencegah penyakit prostat yang pada umumnya terjadi untuk pria.
                          



            Partikel yang bisa mengurutkan tatanan pohon dari akan mecapai daun itu adalah sifat kimia yang zatnya itu berada pada kayu.
           Zat kimia yang terdapat didalam kayu itu ada 3 zat yang utama yakni ada selulosa, selulosa ini merupakan zat yang memiliki pengaruh yang besar terhadap zat kimia. Selulosa ini memiliki jumlah 38% - 50 %. Yang kedua yaitu ada hemiselulosa yaitu dengan memiliki jumlah 23%-32%. Dan yang ketiga atau zat yang terakhir itu dinamakan dengan lignin. Lignin ini memiliki kemampuan yang cukup kecil yakni dari 15% - 25% dan lignin ini juga selaku yang memiliki kekuatan dan daya tahan utama kayu. Kenapa persentase dari setiap zat kimia itu berbeda - beda, nah hal ini dikarenakan tergantung dari jenis kayu yang kita dapatkan.
                       

        Setelah mendengar penjelasan diatas tadi maka bisa kita simpulkan bahwa selulosa ini adalahzat yang memiliki pengaruh yang besar terhadap zat kimia dan juga memiliki kemampuan yang besar sebagai zat utama. Dan zat ini juga memiliki fungsi yaitu seperti kondisi yang dapat menjadi bahan dari luar maupun dalam.
             
           Dan yang kedua itu ada hemiselulosa, hemiselulosa ini adalah zat kimia sebagai bakal penunjang yang berada pada kerangka yang terdapat didalam kayu. Dan hemiselulosa ini yang membelit atau melilit selulosa dan juga lignin. Maka dari itu, hemiselulosa ini memiliki fungsi utama yaitu untuk bahan pengikat yang alami yang terdapat pada kayu dan juga dapat menyambungkan serat yang satu dan juga yang lainnya.
               
         Dan yang terakhir ada lignin. Lignin ini tersusun pada faktor - faktor fenilpropan. Fenilpropan ini dibalut dengan zat hemiselulosa maka dari itu lignin ini menduduki lapisan dinding yang ketiga atau terakhir.

Permasalahan :
1. Coba anda jelaskan berapa saja persentase dari setiap zat kimia tersebut?
2. Mengapa hemiselulosa memiliki fungsi sebagai bahan pengikat?
3. Menurut pendapat kalian apa itu lignin?

3 komentar:

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Halo, nama saya Salsa Billa Aprianti dengan NIM A1C117052 akan menjawab pertanyaan pertama.

    1. Selulosa, hemiselulosa, dan lignin adalah ketiga zat kimia yang ada. Selulosa dengan persentasenya 38% - 50℅. Lignin dengan persentase 15℅ - 25℅. Dan terakhir hemiselulosa 23℅ - 32℅.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh
    Mama saya Liveya parandika
    Nim: A1C117014
    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari kurnia aulia nomor 2
    Hemiselulosa ini merupakan zat kimia yang digunakan sebagai penghubung yang berada dalam kerangka yang terdapat didalam sebuah kayu. Dan hemiselulosa lal ini yang membelit atau melilit selulosa dan juga lignin.

    BalasHapus
  3. hallo kurnia...
    perkenalkan saya cindy felia agam dengan nim A1C117046 disini saya akan membantu menjawab permasalahan no 3 jadi lignin itu merupakan bagian yang paling utama dalam penyusun dinding sel kayu setelah selulosa. kemudian lignin juga memilki berat molekul yang tinggi selama terjadinya kondensasi dan Lignin mengandung unsur-unsur karbon, hidrogen dan oksigen sehingga Kandungan karbon pada lignin terisolasi yaitu sebesar 60,2-67,5% dan kandungan hidrogen 4,5-6,4%.

    semoga membantu ya ...
    terima kasih

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

       Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas ...