Kamis, 26 September 2019

Potensi Pemanfaatan Flavonoid Untuk Makhluk Hidup

  Pada minggu kemarin saya sudah menjelaskan mengenai apa itu keragaman dan keunikan struktur kimia flavonoid, dan pada blog yang sekarang ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai flavonoid yaitu tentang manfaat dari flavonoid itu sendiri didalam makhluk hidup, sebelum kita masuk ke manfaatnya, saya akan mengulas sedikit terlebih dahulu mengenai flavonoid.
     Flavonoid yaitu sekumpulan senyawa bioaktif yang terdapat banyak pada makanan, dan makanan ini sendiri berasal dari tumbuhan. Flavonoid mempunyai banyak sekali manfaat mirip dengan antioksidan dan merupakan salah satu jenis dari antioksidan. Manfaat dari flavonoid ini sangat banyak untuk tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu bisa menangkal dan menyembuhkan sel yang rusak akibat dari radikal bebas. Radikal bebas ini lah yang membuat sebuah penyakit kronis, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
      Flavonoid ini tadi sudah dijelaskan bahwa dia ini banyak sekali terdapat pada buah - buahan dan juga sayur - sayuran. Kandungan yang terdapat pada flavonoid ini itu sangat bagus dan menguntungkan, tidak akan membuat seseorang ataupun tumbuhan dan sayuran tersebut menjadi rugi. Dan dibawah ini kita akan membahas makanan yang mengandung flavonoid dan apa manfaatnya bagi makhluk hidup.
1. Apel
    Apel merupakan salah satu buah - buahan yang banyak disukai orang. Karena didalam buah apel ini banyak mengandung khasiat yaitu ada vitamin C, serat, antioksidan, flavonoid dan masih banyak lagi, dan nama dari flavonoid didalam buah apel ini adalah quercetin. Apel ini juga banyak dikonsumsi untuk dibuat menjadi jus dan salad tidak hanya sekedar jadi buah saja. Dan manfaat dari apel ini banyak sekali untuk makhluk hidup yaitu :
a. Dapat mengatasi serangan pada jantung
b. Dapat mencegah katarak
c. Dapat mempercepat penyembuhan dari naiknya asam lambung
d. Dapat mengontrol saat terkena asma
e. Dapat membantu menurunkan berat badan
2. Kacang kedelai
      Kacang kedelai merupakan salah satu dari makanan yang mengandung flavonoid. Kacang kedelai ini sangat banyak bisa diolah menjadi tempe, tahu, susu dan masih banyak lagi yang lainnya. Manfaat atau nutrisi dari kacang kedelai ini juga banyak sekali seperti protein, karbohidrat, serat termasuk juga antioksidan dan lain - lain. Orang banyak mengonsumsi kacang kedelai ini sebagai cemilan karena bentuknya yang kecil, praktis, dan juga sangat menyehatkan bagi tubuh. Dan manfaat yang terkandung didalam kacang kedelai ini yaitu :
a. Untuk sumber protein tinggi
b. Untuk mencegah sakit kanker payudara
c. Untuk menurunkan gula darah
d. Untuk mengurangi efek panas pada wanita yang usianya sudah menua
e. Untuk membantu dalam diet
3. Teh hijau
     Teh hijau merupakan salah satu teh yang banyak terkandung flavonoid didalamnya. Teh hijau ini sangat terkenal sebagai teh yang sangat sehat karena kandungan didalamnya yang banyak. Kandungan yang terdapat pada teh hijau ini sangat tinggi pada antioksidannya. Dan kandungan lainnya yaitu ada vitamin B, potasium, mangan dan sebagainya. Manfaat dari teh hijau ini yakni :
a. Sebagai mempercantik kulit
b. Sebagai mengurangi mata panda dan bengkak
c.  Sebagai meningkatkan pembakaran lemak
d. Sebagai meningkatkan fungsi pada otak
e. Sebagai menurunkan terkena diabetes
4. Cokelat
     Flavonoid juga banyak terkandung didalam cokelat karena didalam cokelat ini terdapat antioksidan. Cokelat banyak dikonsumsi dalam bentuk batangan dan diolah juga menjadi bahan minuman panas maupun dingin. Cokelat sangat banyak disukai orang karena dari rasanya yang enak sampai manfaatnya yang berlimpah, salah satu manfaatnya adalah :
a. Menghambat penuaan
b. Meningkatkan kesehatan pada mata
c. Menghaluskan kulit
d. Mencegah terkena penyakit jantung
e. Menurunkan berat badan
5. Brokoli
    Brokoli merupakan salah satu jenis tumbuhan yaitu sayuran yang mengandung flavonoid. Brokoli terdapat pada cuaca yang dingin dan cara biasa memakan brokoli bisa dengan dikukus, mentah dan direbus. Didalam brokoli itu banyak sekali mengandung vitamin C dan K, kalsium, mineral, serat makanan dan masih banyak lagi. Manfaat untuk makhluk hidup pada tumbuhan brokoli ini adalah :
a. Menjaga kesehatan pada mata
b. Menjaga kesehatan pada tulang
c. Mencegah terkena penyakit anemia
d. Menurunkan berat badan
e. Meningkatkan kecerdasan

Permasalahan :
1. Mengapa radikal bebas dapat membuat sebuah penyakit dan bisa merusak sel pada tubuh, dan bisa dikatakan sangat merugikan?
2. Flavonoid banyak terdapat pada tumbuhan dan sayuran, tetapi apa yang akan terjadi jika sayur atau tumbuhan tersebut busuk, layu, dan tidak segar lagi, apakah flavonoid yang terdapat pada tumbuhan dan sayur tersebut berkurang?
3. Mengapa kacang kedelai bisa untuk mencegah sakit kanker payudara, apa yang terkandung didalam kacang kedelai tersebut?
        

4 komentar:

  1. 1. radikal bebas itu suatu molekul yang merupakan hasil dari pemisahan homolitik dari suatu ikatan, jadi molekul tersebut memiliki elektron yang tidak berpasangan. maka dari itu elektron yang tidak berpasangan akan mengakibatkan radikal bebas yang akan mengikat virus/ baktri yang ada pada tubuh sehingga akan menyebabkan penyakit. penyakit tersebut termasuk suatu hal yang sangat merugikan.

    BalasHapus
  2. Hr. Yuniarccih (Rsa1c117001)
    3. Kanker atau tumor merupakan penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel.
    Kacang Kedelai mengandung senyawa flavonoid yaitu flavonoida dan isoflavonoida yang berpotensi sebagai anti kanker.
    Senyawa flavonoida dan isoflavonoida ini bekerja menghambat perkembangan kanker payudara

    BalasHapus
  3. pada saat tumbuhan mulai melayu atau bahkan membusuk. maka unsur dan manfaat dari tumbuhan tersebut pasti akan berkurang. dan tentunya flavanoid yang terkandung akan berkurang manfaatnya, karena pada saat proses pembusukan jamur-jamur yang tumbuh pada sayuran atau tumbuhan mengurai seluruh manfaat yang terkandung di dalam sayuran dan buah-buahan tersebut

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

       Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas ...