Rabu, 09 Oktober 2019

Zat Warna dan Kaitannya Dengan Spektro UV-Vis

   Baiklah pada blog kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai Zat Warna dan Kaitannya Dengan Spektro UV-Vis. Pertama - tama terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu spektro UV - Vis.
       Spektrofotometer UV-Vis itu merupakan suatu gabungan dari  UV dan juga visible, maka dari itu spektrofotometer ini mempunyai 2 sumber cahaya yaitu UV dan juga visible tadi.
      Jadi spektrofotometer UV-Vis ini adalah suatu spektrofotometer yang berkasnya ganda sedangkan jika spektrofotometer yang hanya memiliki UV atau Vis saja dia hanya memiliki berkas tunggal. Dan juga pada spektrofotometer berkas ganda itu blankonya serta sampel dimasukkan atau disinari dengan cahaya  secara serempak sedangkan pada berkas tunggal itu dengan cara terpisah.
      Dalam instrumen balok ganda, itu cahaya dipecah menjadi dua balok sebelum cahaya itu mencapai sampelnya. Pada dua balok itu, satu baloknya digunakan sebagai referensi dan balok yang satunya lagi itu digunakan untuk melewati pada sampel. Sedangkan pada instrumen balok tunggal kuvet yang digunakan adalah kuvet yang hanya mengandung pelarut terlebih dahulu harus diukur
   Pada saat menggunakan spektrofotometer mempunyai faktor-faktor yang sering menyebabkan kesalahan pada saat mengukur konsentrasi suatu analit yaitu :
a. Terdapat yaitu serapan yang ada pada pelarut
b. Pada saat menggunakan fotometrik normal karena pengukuran absorbansi bisa berubah jadi tinggi ataupun rendah.
c. Adanya serapan yang dilakukan oleh kuvet.
      Spektrofotometer itu merupakan alat yang digunakan pada saat spektrofotometri. Spektrofotometri itu bisa mengarah kepada spektroskopi absorbsi. Spektroskopi dapat digunakan untuk industri semikonduktor sebagai mengukur ketebalan dan juga untuk sifat optiknya, dan spektrofotometer dapat kita gunakan sebagai detektor untuk HPLC. Detektor itu dapat berfungsi sebagai untuk menangkap cahaya yang diteruskan dari sampel dan dapat merubahnya menjadi arus listrik. Syarat yang terdapat dalam sebuah detektor adalah:
a. Memiliki respon yang konstan
b. Waktu dalam merespon itu cepat dan signal yang didapat itu minimum tanpa adanya radiasi
c. Signal yang dihasilkan oleh listrik itu harus seimbang dengan tenaga radiasi
d. Perbandingan antara isyarat dengan bising itu tinggi.
       Macam - macam detektor yang dapat digunakan itu adalah:
a. Detektor foto (Photo detector)
b. Photocell atau Cds
c. Phototube
d. Hantaran foto
e. Dioda foto
f. Detektor panas
     Spektrofotometer UV-Vis itu merupakan spektrofotometer yang digunakan untuk  pengukuran didaerah ultra violet dan didaerah tampak cahaya yang digunakan yaitu dapat berupa cahaya visibel, UV, dan inframerah. Sedangkan materi itu dapat berupa atom atau molekul tetapi yang lebih banyak ikut serta adalah elektron valensi.
      Sinar atau cahaya tersebut itu berasal dari sumber yang sering kita sebut juga dengan radiasi elektromagnetik. Contoh dari energi elektromagnetik ini yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari - hari adalah sinar matahari. Radiasi elektromagnetik itu juga memiliki sifat ganda yang bisa kita sebut dengan dualistik cahaya seperti:
a. Sebagai gelombang
b. Sebagai partikel-partikel energi yang sering kita sebut juga dengan foton.

Permasalahan :
1. Molekul yang bagaimana yang dapat menyerap energi dalam bentuk ultraviolet? Dan untuk apa molekul tersebut menyerap energi ultraviolet itu?
2. Pada penggunaan spektrokopi uv-vis sampel yang di gunakan itu kan berupa cairan, lalu bagaimana jika sampel yang digunakan berupa padatan apa yang akan terjadi?
3. Apakah ada yang bisa menggantikan sebagai kuvet dan biasanya kuvet itu banyak digunakan sebagai apa?

3 komentar:

  1. Assalamualaikum wr wb.
    Saya Khairil Liza
    NIM A1C117036

    Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 1 dari kurnia.
    Molekul yang dapat menyerap energi dalam bentuk ultraviolet adalah molekul yang memiliki elektron ikatan dan elektron non ikatan.
    Kegunaan dari menyerap energi ultraviolet adalah untuk mengeksitasi elektron ke orbital molekul anti ikatan yang lebih tinggi.

    Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Saya Ariyansyah
    NIM A1C117050
    Saya akan mencoba membantu pertanyaan no 2
    Jika sampel yang digunakan berupa padatan tergantung apakah sampel tersebut bisa tembus cahaya atau tidak, jika tidak tembus cahaya maka sampel harus di cairkan dulu dan diambil sedikit supaya cahaya bisa tembus, jika tembus cahaya atau tipis bisa di gunakan.

    BalasHapus
  3. 3.) Kuvet adalah sebuah tabung kecil dengan penampang melintang berbentuk lingkaran atau persegi, yang ditutup pada salah satu ujung, terbuat dari plastik, kaca, atau kuarsa leburan (untuk cahaya UV) dan dirancang untuk menaruh sampel untuk percobaan spektroskopi yang mana kuvet ini tidak bisa digantikan. Kuvet plastik sekali pakai sering digunakan dalam pengujian spektroskopi cepat. Kuvet kaca biasanya digunakan pada berbagai rentang panjang gelombang cahaya tampak dan kuarsa leburan cenderung digunakan dalam rentang UV hingga inframerah dekat.

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

       Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas ...