Sabtu, 12 Oktober 2019

Konsep Teoritis Biomolekul Yang Meliputi Gula Dan Karbohidrat, Asam Amino, Protein

    Pada blog kali ini saya akan menjelaskan materi mengenai kimia organik yaitu tentang konsep teoritis biomolekul yang meliputi gula dan karbohidrat, asam amino, protein. Sebelum kita masuk mengenai gula dan karbohidrat, asam amino, dan juga protein. Pertama - tama saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu biomolekul.
1. Biomolekul
    Biomolekul adalah sesuatu yang dipelajari oleh para biokimiawan untuk menemukan molekul apa saja yang terdapat pada makhluk hidup. Dan biomolekul ini sangat berhubungan dengan biokimia karena biokimia ini mempelajari mengenai struktur dan fungsi apa saya yang ada pada biomolekul. Pada biomolekul atau biologi itu merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk mengetahui tentang molekul serta ion yang ada pada organisme contohnya seperti pembelahan sel, morfologi ataupun pengembangan. Biomolekul ini dapat berupa gula dan karbohidrat, asam amino dan juga protein.
a. Gula dan karbohidrat
  Karbohidrat itu dapat berfungsi untuk membangun dan sebagai sumber energi. Dan gula juga merupakan karbohidrat, tetapi tidak semua karbohidrat adalah gula. Karbohidrat yang ada di bumi ini itu lebih banyak dari pada biomolekul lainnya. Dan karbohidrat itu dapat dibagi menjadi monosakarida, disakarida, polisakarida dan juga oligosakarida. Dan contohnya seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, laktosa, selulosa dan juga glikogen.
b. Asam amino
      Asam amino adalah senyawa yang ikut serta dalam pembentukan protein. Dimana asam amino ini memiliki gugus yaitu gugus amino (NH2) dan gugus asam karboksilat (COOH). Jenis dari asam amino itu terdapat menjadi 2 yaitu ada asam amino esensial dan non esensial. Dan dibawah ini merupakan nama-nama dari asam amino esensial dan non esensial.
       Asam amino ini sendiri memiliki fungsi yaitu untuk mendukung dan membantu reaksi metabolisme sel - sel tubuh dan juga pada karbohidrat serta protein. Asam amino ini bisa didapatkan dari hewani atupun nabati.
c. Protein
     Protein itu dapat berupa senyawa biologis dimana terdapat suatu molekul polimer dan ini berada pada makhluk hidup. Dan didalam tubuh manusia sebenarnya sudah ada memiliki protein tetapi protein tersebut juga kita perlukan dari luar supaya bisa lebih membantu memperbanyak protein yang ada pada tubuh kita dan juga agar bisa membuat organ tubuh menjadi lebih baik. Pada protein dia memiliki jenis struktur yang berbeda-beda ada protein primer, sekunder, tersier, dan juga kuartener. Dan dibawah ini merupakan gambaran dari strukturnya.

Permasalahan :
1. Mengapa karbohidrat tidak menyebabkan kegemukan, padahal didalam karbohidrat terkandung gula?
2. Bagaimana bisa kita kekurangan protein sedangkan protein itu sendiri sudah ada didalam tubuh kita?
3. Bagaimana proses yang terjadi pada asam amino sehingga dia bisa digabungkan untuk membentuk suatu protein?

3 komentar:

  1. Saya Winda Sitia Elisabeth Sinaga,dengan NIM A1C117016. Akan mencoba menjawab permasalahan kedua. tubuh kita mempunyai simpanan protein dengan jumlah yang tidak mencukupi untuk kebutuhan protein kita. oleh karena itu dibutuhkan protein dari luar untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh. Selain itu jika tidak diperoleh dari luar tubuh, maka protein yang ada didalam tubuh kita akan habis, dan hal ini sangat berbahaya bagi tubuh kita.

    BalasHapus
  2. Halo kurnia saya ira akan menjawab permasalahan no 1. Menurut saya karbohidrat yang tidak menyebabkan kegemukan adalah karbohidrat yang dapat dipakai oleh tubuh, artinya apa? Kegemukan yg disebabkan oleh karbohidrat adalah karbohidrat yang gagal dibakar dalam bentuk kalori lah yang menyebabkan kegemukan karena akan menumpuk sehingga menjadi lemak dalam tubuh. Semoga membantu

    BalasHapus
  3. Saya akan menjawab permasalahan ketiga.

    Protein merupakan hasil dari metabolisme asam amino. Reaksi yang terjadi berupa pemindahan gugus amino yang akan bersambung ke proses mengubah senyawa karbon yang terdapat pada senyawa asam amino. Proses pemindahanini terbagi menjadi 2 proses, yaitu proses transminasi dan deaminasi.

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

       Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas ...