Kamis, 14 November 2019

Vitamin - Vitamin Esensial Dari Bahan Alam

         Baiklah pada blog sebelumnya saya sudah banyak sekali menjelaskan mengenai mata kuliah kimia organik bahan alam ini dan mungkin teman - teman sudah banyak juga yang membaca tentang apa saja isi dari blog saya ini. Pada blog kali ini saya akan menjelaskan materi mengenai vitamin - vitamin esensial dari bahan alam. Dimana nanti terdapat pengertian vitamin, vitamin esensial, jenis dari vitamin, contoh bahan alamnya, serta bentuk struktur dari vitamin itu sendiri. Awalnya saya akan menjelaskan sedikit dulu mengenai pengertian dari vitaminnya.
1. Pengertian Vitamin
    Vitamin merupakan suatu contoh dari senyawa organik dimana bentuk dari molekunya itu kecil kemudian dia mempunyai fungsi yang vital untuk setiap organisme yang terdapat didalam metabolisme. Nama vitamin itu berasal dari beberapa gabungan kata yaitu ada vita dan amina yang berasal dari bahasa latin dimana vita itu artinya hidup dan amina artinya suatu gugus fungsi yang memiliki atom N. Namun pada akhirnya ternyata banyak vitamin yang tidak memiliki atom N maka jika dilihat dari ilmu tentang enzim maka vitamin itu merupakan sebuah kofaktor yang nantinya akan dikatalisis oleh enzim.
2. Vitamin Esensial
        Vitamin esensial itu adalah vitamin yang diperlukan untuk tubuh, organ, dan juga supaya sistem fungsinya berjalan secara normal agar dapat dicerna melalui makanan yang sedang dimakan. Dan jenis - jenis vitamin esensial itu terdiri dari 13 vitamin yaitu ada vitamin A, C, D, E, K dan B (B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12). Dimana vitamin ADEK itu merupakan jenis vitamin yang larut pada lemak, sedangkan jenis vitamin B dan C itu larut didalam air.
3. Jenis - Jenis Vitamin
a. Vitamin A
     Vitamin A ini sering disebut juga dengan retinol, dan banyak berperan sebagai Indra untuk penglihatan. Vitamin A banyak terdapat salah satunya yaitu pada wortel dan diatas itu merupakan gambar dari wortel dan struktur dari vitamin A.
b. Vitamin B kompleks
        Vitamin B1 atau tiamin ini merupakan salah satu vitamin yang sangat penting untuk kesehatan pada kulit dan dapat digunakan untuk mengubah karbohidrat menjadi bentuk energi. Dan diatas itu adalah struktur dari vitamin B1 dan contohnya adalah gandum.
       Vitamin B2 itu banyak dimanfaatkan untuk koenzim pada flavin. Dan enzim ini sangat berpengaruh terhadap tumbuhnya energi untuk tubuh dan melalui proses respirasi. Dan juga bermanfaat untuk pembentukan molekul serta membantu pertumbuhan organ. Contohnya seperti telur.
       Vitamin B3 merupakan vitamin yang paling penting untuk metabolisme, menjaga kadar gula darah, dan jika ada senyawa yang beracun dapat dinetralkan dengan vitamin ini. Vitamin ini juga dikenal sebagai tiamin contohnya seperti ragi.
        Vitamin B5 sering disebut juga dengan asam pantotenat sesuai dengan struktur diatas. Vitamin ini terdapat reaksi enzimatik dan oleh karena itu dia sangat berperan dalam metabolisme dan peran lainnya seperti menjaga komunikasi antar sistem saraf pusat dan otak serta dapat memproduksi senyawa asam lemak. Dan vitamin ini banyak terdapat salah satunya pada brokoli.
   Vitamin B6 atau disebut dengan piridoksin merupakan suatu vitamin yang berfungsi untuk koenzim A dalam menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak, metabolisme nutrisi dan tempat produksi antibodi. Vitamin ini mudah untuk didapatkan karena berada banyak pada salah satunya kacang - kacangan.
      Vitamin B7 itu disebut biotin karena bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada kuku, mata, kulit serta rambut. Sehingga biotin ini banyak digunakan sebagai bahan kosmetik dan salah satunya banyak terdapat didalam daging.
      Vitamin B9 itu dapat dikatakan juga sebagai folic acid karena berguna sebagai fungsi didalam otak dan kesehatan pada mental dan juga dapat membantu membangun DNA, jaringan serta sel darah merah. Contoh dari vitamin B9 ini yaitu ada terdapat pada bayam.
 
        Vitamin B12 ini hanya diproduksi oleh hewan tidak dengan tanaman. Dan peran dari vitamin ini adalah metabolisme dan pemeliharaan kesehatan sel. Vitamin ini bisa dikatakan dengan sianokobalamin contohnya seperti kerang.
 
c. Vitamin C
       Vitamin C atau asam askorbat juga banyak memberikan manfaat bagi tubuh seperti menyusun jaringan - jaringan didalam tubuh, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya. Vitamin C sangat berguna untuk mencegah masuknya radikal bebas dan sebagai antioksidan yang alami contohnya yaitu banyak seperti jeruk.
d. Vitamin D
      Vitamin D banyak ditemukan pada makanan hewani salah satu contohnya adalah susu. Dimana vitamin D ini sangat berguna untuk membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi pada tulang. Dan diatas itu adalah contoh dari struktur pada vitamin D ini.
e. Vitamin E
  Vitamin E itu dapat bekerja untuk mengahalang penuaan dini yang terjadi dikulit. Kemudian dapat membantu sel - sel yang ada didalam tubuh untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada sel dan melawan infeksi. Vitamin E juga sebagai antioksidan alami yang berada didalam tubuh contohnya yaitu seperti minyak bibit gandum.
 
f. Vitamin K
     Vitamin K itu banyak berfungsi untuk membentuk sistem peredaran pada darah dan juga untuk menutup luka. Dan vitamin K ini juga berperan sebagai kofaktor pada enzim agar dapat mengkatalis reaksi seperti karboksilasi asam amino asam glutamat. Contoh dari vitamin K ini adalah kuning telur.

Permasalahan :
1. Vitamin C atau asam askorbat sangat berguna untuk mencegah masuknya radikal bebas dan sebagai antioksidan, bagian manakah pada struktur asam askorbat tersebut yang berfungsi sebagai antioksidan?
2. Vitamin ADEK itu merupakan jenis vitamin yang larut pada lemak, sedangkan jenis vitamin B dan C itu larut didalam air. Dari kedua jenis vitamin tersebut, vitamin manakah yang lebih banyak terdapat dialam, dan mengapa demikian?
3. Vitamin B6 memiliki fungsi yang hampir sama dengan vitamin B2 yaitu menjaga kesehatan kulit dan rambut serta berguna dalam pertumbuhan tubuh. Padahal jika dilihat dari strukturnya sangat berbeda pada vitamin B2 terlihat strukturnya yang sangat kompleks sedangkan pada vitamin B6 tidak terlalu komplek, apakah kekompleksan dari vitamin B2 itu berpengaruh pada penyerapan dan pembawaan efek manfaatnya didalam tubuh?

3 komentar:

  1. (A1C117061) menjawab 3. Kekomplekan senyawa tersebut berpengaruh pada proses penyerapannya. Dimana B2 sangat kompleks sehingga pada proses penyerapannya akan terjadi lebih lambat namun lebih tahan lama bekerja dalam tubuh dikarenakan kekomplekan senyawanya tadi.

    BalasHapus
  2. Hr. Yuniarccih
    1. Gugus hidroksil pada atom C2 dan C3 pada asam askorbat yang berfungsi sebagai antioksidan
    Karena gugus hidroksil pada C2 dan C3 ini dapat mendonorkan ion H+ kepada radikal bebas

    BalasHapus
  3. 2. umunya vitamin banyak ditemukan di alam, hanya saja terkandung dalam beberapa makanan, sayuran, buahan, ataupun minuman.
    terimakasih

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

       Pada blog saya sebelumnya saya sudah banyak sekali membahas mengenai materi kimia organik ini, dan pada kali ini saya akan membahas ...